Tugas 1
1. Bacalah skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elka/Elko bidang pendidikan dan buat kerangka karangannya
2. Carilah 5 sumber yang disebut dalam skripsi tersebut atau pembanding artikel yang Anda unduh lewat internet. Dapat juga dicari lewat perpustakan.
3. Hasil unduhan harus jelas alamatnya dan waktu pengunduhan untuk dapat dicek ulang. Jika lewat perpustakaan harus jelas sumber bukunya. Anda pun diminta mengulas paling panjang 100 kata-kata tentang ide masing masing tulisan tersebut.
4. Hasil kerja Anda harus dikirim masuk ke Blog Anda dan diperiksa dari upload Anda di Blog.
Jawaban :
Judul Skripsi : Pengaruh Minat dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Elektronika Siswa SMP Kelas II di Jakarta Timur
Pembuat Skripsi : Yuanita
No.reg : 518131050
Jurusan : Pendidikan Teknik Elektronika
Fakultas : Pendidikan Teknologi Kejuruan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tempat dan Tahun Pembuatan : Jakarta 1986
1. Kerangka karangan
Skripsi ini mengangkat hubungan antara minat dan kreativitas mempengaruhi hasil belajar keterampilan elektronika siswa SMP kelas 2 di Jakarta Timur. Skripsi ini menerangkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh minat karena tanpa didasari minat sulitlah siswa akan berhasil dan minatlah yang menjadi motivasi siswa dalam berprestasi. Selain itu hasil belajar juga dipengaruhi oleh kreativitas karena hanya dengan kreasi orang dapat mewujudkan dirinya, memberikan kepuasan kepada individu dan memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya. Kemudian skripsi ini mengkaitkan antara minat dan kreativitas tersebut ke dalam bidang studi keterampilan elektronika karena bidang studi ini bersifat menumbuhkan kemampuan yang berbentuk latihan keterampilan dan cara pendekatan pengajarannya tidak lepas dari pandangan guru sebagai pendidik.
2. Artikel pembanding
a. http://amongraga.multiply.com/journal/item/10
b. http://edu-articles.com/kreativitas-teknik-probing/
c. http://eko13.wordpress.com/2008/03/16/pengertian-kreativitas/
d. http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH015f/cc5bf13b.dir/doc.pdf
e. http://pustaka.ut.ac.id/puslata/pdf/70091.pdf
3. Mengulas tentang ide masing - masing tulisan paling panjang 100 kata
a. Menurut W.S. Rendra, proses kreatif adalah manjing ing kahanan nggayuh ngarsaning Hyang Widi (melebur dalam dunia nyata dan merengkuh dunia keilahian).
b. Teknik probing adalah suatu teknik dalam pembelajaran dengan cara mengajukan satu seri pertanyaan untuk membimbing pebelajar /siswa menggunakan pengetahuan yang telah ada pada dirinya guna memahami gejala atau keadaan yang sedang diamati sehingga terbentuk pengetahuan baru. Teknik ini dapat me¬motivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativi¬tas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
c. Kreativitas adalah proses konstruksi ide yang orisinil (asli), bermanfaat, variatif (bernilai seni) dan inovatif (berbeda/lebih baik).
d. Minat merupakan faktor yang sangat prinsip dalam memperoleh keberhasilan dalam belajar. Bila siswa tersebut tidak memiliki minat maka akan menimbulkan kesulitan dalam belajar dan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam belajar.
e. Menurut Dalyono (dalam Djamarah 2000 : 157) minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah.
4. Nama blog : 091biftunjakurysu.blogspot.com
Tugas 2
1. Bacalah dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan EYD nya. Buatlah perbaikan sedikitnya 10 hal yang Anda temui.
2. Buatlah 5 istilah di bidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing yang Anda kembangkan sendiri. Tata urutannya : istilah asing yang diserap/diterjemahkan, istilah asingnya, kaidah yang digunakan, arti dan makna istilah secara teknik elektro.
3. Semua tugas harus dikirim ke email dosen dan paling lambat akhir bulan perkuliahan yang ada.
Jawaban :
1. Perbaikan 10 hal penulisan dalam skripsi sesuai EYD
a. Ketrampilan, perbaikan keterampilan.
b. KaruniaNya, perbaikan karunia-Nya.
c. Sebagai sarana gabi siswa, perbaikan sebagai sarana bagi.siswa.
d. .
e. .
f. .
g. .
h. .
i. .
j. .
2. Lima istilah di bidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing
a. Mouse : Tikus (alat yang digunakan sebagai pengarah kursor dalam PC atau laptop).
b. Cut off : Potongan lepas (titik dimana garis beban memotong kurva IB = 0).
c. Protocol : Surat perjanjian politik (perangkat aturan secara formal sesuai aturan perjanjian legal sudah diakui dan tata cara yang mengatur bagaimana perangkat - perangkat yang ada bias mentransfer perangkat satu ke yang lainnya).
d. Mainboard : Papan utama (pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya).
e. Server : Pemukul bola (komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan).
Tugas 3
Ubahlah catatan kaki dan daftar pustaka sesuai dengan kaedah EYD
Jawaban :
Catatan Kaki
a. Sebelum :
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1975 : Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Buku III.A.1., Pedoman Bidang Studi Ketrampilan (Jakarta : Balai Pustaka, 1978), hlm.144
sesudah :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1975 : Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Buku III.A.1., Pedoman Bidang Studi Ketrampilan (Jakarta : Balai Pustaka, 1978), hlm.144.
b. Sebelum :
Guilford, J.P., General Psychology, Princeton N.Y.D. Van Morstand Co, Inc., 1956, hlm. 58
sesudah :
J.P.Guilford, General Psychology (Princeton : N.Y.D. Van Morstand Co, Inc., 1956), hlm. 58.
c. Sebelum :
Soetinah Soewondo, Pengaruh Minat Pada Siaran TVRI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMA KMUP (Fakultas Pasca Sarjana IKIP Jakarta, 1982), hlm.21
sesudah :
Soetinah Soewondo, Pengaruh Minat Pada Siaran TVRI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMA KMUP (Jakarta : Fakultas Pasca Sarjana IKIP, 1982), hlm.21.
d. Sebelum :
Mohammad Amin, M.A., Dr., Analisis Pendidikan Th. IV No. 3, “Peranan Kreativitas dalam Pendidikan, (Dep, P & K : Jakarta, 1983), hlm. 125
sesudah :
Mohammad Amin, Peranan Kreativitas dalam Analisis Pendidikan Th. IV No. 3 (Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1983), hlm. 125.
e. Sebelum :
W. James Popham, Modern Educational Measurement; Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliff, 1981, hlm. 311
sesudah :
W. James Popham, Modern Educational Measurement (Englewood Cliff : Prentice-Hall, Inc., 1981), hlm. 311.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar